Sejarah Pancasila, Dasar Negara yang Hampir Terlupakan!

    Pancasila merupakan sebuah dasar negara Republik Indonesia. Berisi 5 sila, dan selalu diucapkan dengan lantang pada saat upacara hari Senin di masa sekolah. Istilah Pancasila, lahir dari sebuah gagasan Presiden RI yang pertama Ir.Soekarno. Gagasan tersebut disampaikan oleh bung karno dalam bentuk pidato pada sidang BPUPKI pertama pada tanggal 28 mei-1 juni 1945 di Chuo Sangi In, Jalan Pejambon no 6, Jakarta.
  Tetapi di jaman sekarang masih banyak generasi milenial yang hanya mengenal kata Pancasila tanpa memahami dan mengerti betul arti nilai yang terkandung didalamnya. Kita sebagai generasi muda seharusnya mengerti betul nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan menjadikannya dasar bersikap dan bertindak bagi kita untuk membangun negara ini menjadi lebih baik di kemudian hari.
   Hal itu dapat kita lakukan dengan menerapkan setiap sila dalam Pancasila dalam hidup kita sehari-hari, seperti menghargai sesama umat beragama, menghargai keberadaan orang-orang di sekitar kita dengan tidak mengambil hak-hak mereka, tidak memecah belah persatuan, mengedepankan musyawarah untuk mengambil keputusan, mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan diri sendiri, dan menerapkan keadilan dan saling bergotong royong dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 juni 2020!

0 Komentar