PPK ORMAWA - HIMAPERSADA UNIMUDA SORONG :

PENGUATAN LITERASI BACA TULIS MELALUI POJOK BACA DI KAMPUNG USAHA JAYA DISTRIK MISOOL TIMUR KABUPATEN RAJA AMPAT

 

 

            HIMAPERSADA UNIMUDA SORONG – Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) merupakan kegiatan yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek Dikti yang diikuti oleh perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Pada awal kegiatan ini dilakukan Seleksi Akhir Subproposal PPK ORMAWA 2023 telah diseleksi 676 Subproposal dan penerima bantuan PPK ORMAWA 2023 sebanyak 603 judul subproposal dari 199 perguruan tinggi. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMAPERSADA) UNIMUDA SORONG merupakan salah satu Organisasi yang berhasil meloloskan Subproposal pendanaan dalam pelaksaan program PPK ORMAWA 2023.

            Program yang dilaksanakan oleh HIMAPERSADA mengangkat topik Desa Cerdas dengan judul “Penguatan Literasi Baca Tulis Melalui Pojok Baca di Kampung Usaha Jaya Distrik Misool Timur Kabupaten Raja Ampat”. Melalui program kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMAPERSADA mampu mengembangkan kesadaran berliterasi bagi masyarakat di Kampung Usaha Jaya dan menjadi salah satu Desa/Kampung Cerdas. Dalam kegiatan ini mampu meningkatkan softskill dan handskill mahasiswa di masyarakat.

Gambaran Umum Kampung Usaha Jaya

            Literasi baca tulis juga mempunyai makna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan, budaya, dan bahasa yang akan meningkatkan wawasan Anak-anak di Kampung usaha Jaya tentang penguatan literasi baca tulis melalui pojok baca. Maka demikian pengertian literasi baca tulis adalah pengetauhan dan kecakapan manusia untuk membaca, menulis, menelusuri, mencari, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan mempergunakan teks tertulis dalam mencapai tujuan. Program ini adalah kegiatan yang mengembangkan program rumah cerdas sebagai upaya dalam meningkatkan.

                                                Sosialisasi PPK ORMAWA HIMAPERSADA

            Adapun yang menjadi tujuan dari kegiatan Program PPK ORMAWA HIMAPERSADA yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dengan sasaran yang dilakukan yaitu anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia di Kampung Usaha Jaya Distrik Misool Timur Kabupaten Raja Ampat Papua Barat Daya. Solusi yang HIMAPERSADA berikan yaitu Pemanfaatan literasi baca tulis seperti pembuatan pohon literasi di perpustakaan SD NEGERI 21 MISOOL TIMUR, pojok baca di kelas, pojok baca di balai desa, gerobak keliling dan rumah baca. Program kegiatan Tim PPK ORMAWA HIMAPERSADA yang telah dijalankan sejak awal bulan juli sampai september sudah berjalan dengan baik dan lancar.




Dokumentasi Kegiatan

1      Terlaksananya pembuatan Pohon Literasi di Perpustakaan yang telah terselesaikan.

2      Terlaksananya pembuatan pojok baca di kelas.

3       Terlaksannaya pembuatan gerobak baca keliling.

4      Terlaksananya pembuatan pojok baca di balai desa.

5      Terlaksananya pembuatan Rumah Baca.

            Usai pembuatan Pojok Literasi, Tim PPK ORMAWA HIMAPERSADA melakukan pengumpulan komunitas di setiap pojok literasi untuk penerapan 9 komponen dengan mengajarkan kepada peserta komunitas dan pembentukan penanggung jawab di setiap pojok literasi. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca mereka. Adapun harapan dari Tim PPK ORMAWA HIMAPERSADA terhadap program ini kedepannya yaitu dengan adanya program yang kami lakukan di kampung Usaha Jaya dapat meningkatkan minat baca bagi anak-anak, remaja, orang tua maupun lanjut usia. Serta program yang telah berjalan dapat berlangsung sampai seterusnya. Program ini menjadikan peran penting mahasiswa dan organisasi dalam membawa perubahan positif bagi masyarakat di Usaha Jaya.

#HIMAPERSADA

#PPK ORMAWA HIMAPERSADA 2023

~Satu Kata Berjuta Kreasi~


0 Komentar